Halaman

Kamis, 07 Oktober 2010

Tugas II

1. Sebutkan dan jelaskan 3 unsur yang menyebabkan munculnya aktivitas ekonomi?
    1. Permintaan konsumen yang sangat tinggi
    2. Terjadinya Perdagangan
    3. Banyaknya kebutuhan yang diperlukan oleh konsumen

2. Apa yang membedakan perusahaan dan lembaga sosial? Jelaskan!
   Perusahaan adalah suatu unit kegiatan produksi yang mengolah sumber-sumber ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dan agar dapat memuaskan kebutuhan masyarakat. Telah dikemukakan bahwa perusahaan merupakan suatu unit kegiatan produksi untuk menyediakan barang atau jasa bagi masyarakat dengan motif memperoleh keuntungan. Jadi, letak perbedaan antara perusahaan dan lembaga sosial adalah pada seluruh kegiatan yang diarahkan untuk memperoleh laba. Meskipun demikian memperoleh laba bukan merupakan satu-satunya tujuan perusahaan, tetapi masih banyak terdapat tujuan lain seperti : memberi kesempatan kerja untuk mengurangi pengangguran, kemudian meningkatkan pendapatan pemerintah melalui pajak dan juga prestise. Tujuan-tujuan yang lain halnya itu hanya akan tercapai apabila perusahaan dapat hidup berkembang dan memperoleh keuntungan. Untuk itu perusahaan harus diorganisasikan dan dijalankan dengan baik lain halnya dengan lembaga-lembaga pemerintah dan lembaga sosial lainnya yang kegiatannya lebih ditunjukan untuk kepentingan masyarakat umum. misalnya : Panti Asuhan dan Rumah Sakit.

3. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi tempat dan letak perusahaan ?
    1.Letak perusahaan dekat dengan bahan baku
    2.Letak perusahaan dekat dengan pasar
    3.Letak perusahaan dekat dengan pemasok tenaga kerja
    4.Letak perusahaan dekat dengan penyedia sumber tenaga/energi
    5.Iklim
    6.Ongkos transport
.   7.Besarnya suplay modal

4. Tunjukan perbedaan antara lingkungan eksternal mikro dan lingkungan eksternal makro dalam dunia usaha ( jelaskan dengan Contoh ) !
    Lingkungan eksternal mikro adalah lingkungan eksternal yang langsung berpengaruh terhadap kegiatan pemasaran. Lingkungan eksternal mikro meliputi pelaku-pelaku yang aktif berperan dalam proses kegiatan pemasaran. meskipun keberadaannya diluar, tetapi pemasar masih dapat mempengaruhi kegiatan-kegiatan mereka. Dengan kata lain Pemasar mampu mengendalikan Lingkungan Eksternal Mikro. Contoh : Pemasok, Perusahaan, Pesaing, Perantara, dan Pasar.Buku dasar pemasaran oleh Teguh Budiarto.
Sedangkan lingkungan eksternal makro adalah lingkungan eksternal pemasaran perusahaan yang sulit dikendalikan oleh perusahaan. Lingkungan eksternal makro tidak dapat dipengaruhi oleh siapapun. Dengan kata lain pemasar tidak mampu mengendalikan lingkungan eksternal makro. Contoh : Ekonomi, teknologi, Sosial dan budaya, hukum,politik dan peraturan pemerintah, kependudukan dan keseimbangan lingkungan.
   
Sumber :
Buku Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaaan) Disusun Oleh : Dra.Murti Sumarni dan Drs. Jhon Soeprihanto,MIM
Buku Dasar Pemasaran Oleh Teguh Budiarto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar