Halaman

Selasa, 03 April 2012

CINTA



            Cinta, satu kata yang tak asing lagi ditelinga kita, satu kata yang dimiliki oleh setiap insan di dunia. Cinta dalam kehidupan ada 2 macam, yaitu cinta kepada Tuhan YME dan cinta kepada sesama manusia. “cintailah TuhanMu kemudian cintailah kehidupanmu”. Ialah pribahasa dalam kamus kehidupanku. Karena sesungguhnya Tuhan ialah Maha Kuasa, Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Tuhan telah memberikan cinta kepada setiap manusia. Janganlah engkau mempermainkan cinta, karena dapat diartikan “sama dengan engkau mempermainkan TuhanMu”. Sebagai ciptaannya diwajibkan kita untuk menghargai pemberian Tuhan tersebut. Akan tetapi jangan pernah mencintai sesuatu melebihi cinta kita kepada Tuhan, karena dapat merusak iman dan jiwa raga kita. Cinta itu indah bagi yang melihatnya dengan hati, cinta itu manis apabila terucap dari kata hati melalui bibir, dan cinta itu juga dapat berarti pahit apabila dinikmati tidak dengan rasa sayang yang tulus.
            Manusia ialah makhluk sosial. Setiap manusia hidup pasti memiliki prinsip dan tujuan. Prinsip hidup ialah tidak akan membuka aib diri sendiri kepada orang lain karena dapat merusak nama baik dan dapat pula membuat orang lain yang kita sayangi menjadi ilfeel, namun jadikanlah aib itu sebagai pengalaman dan pelajaran kita untuk menjadi lebih baik untuk kedepannya. Sedangkan tujuan hidup ialah mencari jati diri dan menjadi yang terbaik diantara yang baik-baik pula, sedangkan tujuan seseorang mencintai pasangannya ialah untuk mendapatkan kasih sayang yang penuh dan memperoleh kebahagiaan yang tidak dapat di ukur dengan sebutir berlian sekalipun. Cinta itu dapat dikatakan buta apabila orang yang memandangnya tidak dengan menggunakan iman yang kokoh, cinta itu juga dapat dikatakan gila karena tidak dilandasi dengan akal sehat, dan cinta itu dapat berarti suci apabila diiringi dengan usaha dan doa.


Disamping itu, cinta juga memiliki bermacam-macam manfaat, antara lain :
1.     Dengan menjalin suatu hubungan kita dapat menyelesaikan masalah yang ada dengan pasangan kita. Dengan cara saling bertukar fikiran dan memberi pendapat satu sama lain.
2.     Sebagai sarana untuk tempat bercerita ataupun meluapkan kesedihan maupun kebahagiaan yang kita alami.
3.     Sebagai pelengkap hidup setelah orang tua, adik atau kaka maupun saudara

            Namun manfaat cinta juga dapat diartikan sebagai berikut : cinta dapat merubah sifat dan nasib seseorang, dari buruk menjadi baik serta dari menderita dapat menjadi bahagia. Cinta tak selamanya indah di mata, di hati dan di ucapan. Cinta juga memiliki dampak negatif. Dampak negatif dari cinta dibagi menjadi 2 macam, yaitu dampak negatif umum dan dampak negatif secara khusus. Dampak negatif secara khusus ialah seperti yang kita lihat, orang yang memiliki pacar biasanya lebih mengutamakan masalah pencintaannya dibandingkan masalah pendidikan, keluarga dan agama. Dampak negatif dalam pendidikan adalah nilai menjadi menurun, semangat belajar menjadi berkurang. Lalu dampak negatif dalam keluarga adalah kurang perhatiannya kita terhadap orangtua yang telah melahirkan dan membesarkan kita, sedangkan dampak negatif dalam agama adalah kita akan melupakan semua perintah-perintahNya dan lebih mendekati larangan-laranganNya.

            Namun, dampak negatif secara khusus ialah dapat membuat seseorang sakit hati karena telah dipermainkan oleh cinta. Sehingga dapat membuat seseorang bosan akan kehidupan yang dijalaninya saat ini atau dengan mengambil jalan yang pendek dengan cara bunuh diri karena tidak ada jalan keluar lainnya. Sebenarnya jalan keluar dalam setiap masalah itu pasti ada, hanya saja supaya mendapatkan semuanya itu membutuhkan dan kesabaran untuk mendapatkan semuanya.

            Jadi, nikmatilah sisa usia kalian dengan cinta yang menjadikan kalian bahagia. Jalanin kehidupan dengan sebaik-baiknya, bercintalah dengan sewajarnya dan tak luput untuk berdoa pada yang kuasa. Jangan pernah menangisi hal yang berlalu karena dapat merusak diri kita sendiri “hidup itu jangan seperti spion, yang hanya bisa melihat kebelakang tanpa bisa melihat kedepan”. Jadikanlah seluruhpengalaman sebagai pelajaran untuk hidup kedepannya yang lebih baik karena kegagalan yang terjadi merupakan keberhasilan yang tertunda dan janganlah kalian jatuh dilubang yang sama untuk sebuah masalah yang pernah kalian dapatkan. Semua hal yang berlalubiarlah berlalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar