Halaman

Senin, 09 Juli 2012

Manfaat Buah Semangka


            Buah semangka adalah buah yang sangat favorit di musim panas seperti ini. Kandungan air yang banyak dan rasanya yang manis membuat buah ini sebagai buah pencuci mulut setelah makan.  Semangka disebut juga dengan raja melon. Semangka juga kaya akan kandungan antioksidan, glutathione yang memang banyak terdapat di buah dan sayur berwarna merah. Antioksidan telah terbukti efektif mencegah berbagai jenis penyakit.
            Daging buah semangka rendah kalori dan mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, serat, abu, dan vitamin (A,B dan C). juga mengandung asam amino, sirulin,, asam aminoasetat, asam malat, asam fosfat, arginin, betain, likopen, karoten, bromine, natrium, kalium, silvit, lisin, fruktosa, dekstrosa, dan sukrosa.
Sitrulin dan arginin berperan dalam pembentukan urea di hati dari ammonia dan CO2, sehingga keluarnya urin meningkat. Kandungan kaliumnya cukup tinggi, dapat membantu kerja jantung dan menormalkan tekanan darah. Likopen merupakan anti oksidan yang lebih unggul dari vitamin C dan E.
            Biji kaya zat gizi dengan kandungan minyak berwarna kuning, protein, sitrulin, vitamin B12, dan enzim urease. Senyawa aktif kukurbositrin pada bijinya dapat memacu kerja ginjal dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.
Manfaat dari buah semangka sendiri adalah :
1. Bagian putih semangka mengandung senyawa yang berperan menyehatkan ginjal, seperti mencegah dan menghancurkan batu ginjal.
2. meningkatkan pembakaran lemak dan glukosa. Paling tidak hal itu terbukti pada tikus percobaan. Kandungan asam amino arginie dalam semangka efektif mengurangi lemak pada tikus-tikus yang kelebihan berat badan. Buah ini bebas lemak dan memiliki kombinasi kadar gula terbatas dan kadar air berlimpah. Apalagi, buah yang satu ini bersifat cepat mengenyangkan di dalam lambung.
3. Ben Cao Gang Mu mengatakan bahwa semangka bisa menghilangkan rasa haus dan panas.
4. Menyembuhkan tenggorokan kering dan menyakitkan. Pengobatan Tradisional Cina mengatakan kulit semangka yang dingin dan manis dapat mengobati tenggorokan yang bengkak dan apotheosis.
5. Membantu buang air kecil, juga baik untuk sembelit. Akar dan daun semangka dapat digunakan untuk mengobati diare dan radang usus. Benih-benih semangka memiliki sifat hangat dan baik untuk memproduksi air liur dalam mulut, yang bermanfaat bagi paru-paru dan usus.
6. Mengatasi kecanduan alkohol.
7. manfaat buah semangka bagi kehamilan:
  • Meringankan gejala Heartburn atau rasa panas pada perut
  • Mengurangi perasaan mual
  • Membantu mengurangi morning sickness pada kehamilan trisemester pertama
  • Sebagai penambah cairan tubuh
  • Pencegah terjadinya kram otot pada kehamilan trisemester pertama
  •  Mengurangi resiko terjadinya preeclampsia hingga 50%
  • Membantu perkembangan otak, penglihatan, otot, serta sistem imun pada janin
8. Semangka sangat baik bagi pengidap hipertensi. Kandungan air dan kaliumnya yang tinggi bisa menetralisasi tekanan darah.
9. Semangka juga mempergiat kerja jantung.
10. Antioksidannya termasuk betakaroten dan vitamin C membantu sel-sel tubuh tetap sehat.
11. Semangka bisa dipakai untuk menurunkan demam.
12. Semangka bisa mencegah sariawan dengan ampuh.
13. Untuk membuat wajah tampak bercahaya, tampak segar dan lebih muda.
14. Membantu meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat.
15. Buah ini bisa meningkatkan kesuburan dan membantu membangkitkan gairah seksual pria. penelitian menunjukkan bahwa senyawa sitrulin dalam semangka, memiliki efek afrosidiak yang sama hebatnya dengan viagra, tapi sama sekali tanpa efek samping.
          Itulah beberapa manfaat dari buah semangka. Selama ini kita hanya memakannya tanpa tau manfaat dari buah semangka itu sendiri. Maka dari itu marilah hidup sehat mulai dari sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar